Lulusan Perguruan Tinggi Menganggur? Ini Permasalahan Pendidikan di Indonesia!

 


“Lulusan Perguruan Tinggi Menganggur? Ini Permasalahan Pendidikan di Indonesia!”

Gappys tau nggak sih? Berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah pengangguran di Indonesia mencapai 7,86 juta orang per Agustus 2023 atau setara dengan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) sebesar 5,32 persen dari total 147,71 angkatan kerja. Ko bisa ya?

Pondasi penting bagi suatu negara adalah melalui pendidikan. Pendidikan merupakan kunci penting dari kemajuan suatu negara. Pendidikan dimulai dari tingkat prasekolah, sekolah dasar, sekolah menengah, dan perguruan tinggi.

Ternyata, walaupun sudah mengenyam pendidikan sampai perguruan tinggi, banyak lulusan dari perguruan tinggi tersebut yang menganggur. Ijazah perguruan tinggi ternyata bukan menjadi jaminan seseorang untuk mendapatkan pekerjaan. Beberapa orang tua yang awalnya menaruh harapan kepada anaknya dengan menyekolahkan sampai perguruan tinggi, akhirnya kecewa karena kegagalan anaknya saat mencari kerja setelah lulus dari perguruan tinggi. Padahal, banyak masyarakat beranggapan bahwa perguruan tinggi memberikan kontribusi tinggi terhadap suatu kemajuan kehidupan dan dapat mengantarkan generasi muda mendapatkan pekerjaan. Pandangan masyarakat yang melihat beberapa pekerjaan, seperti pejabat pemerintah, politikus, pengusaha, polisi, hakim, dan lain-lain. meraih kesuksesan dan diraih dari perguruan tinggi menyebabkan ekspektasi tinggi terhadap institusi perguruan tinggi.

1. Rendahnya Kualitas Tenaga Pendidik

Kualitas pelajar ditentukan oleh kualitas tenaga pendidik. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang dinilai masih rendah akan berdampak oleh kualitas tenaga pendidik. Para dosen harus terus meningkatkan ilmu dan kemampuannya sesuai perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan saat ini.

2. Fasilitas Pendidikan Kurang Memadai

Fasilitas pendidikan di Indonesia sampai saat ini masih dinilai kurang dan tidak lengkap. Hal tersebut menyebabkan proses pembelajaran terhambat dan hasil lulusan kurang optimal.

3. Kurang Efektifnya Pendidikan

Kualitas sumber daya manusia berkaitan dengan efektivitas pendidikan yang dihasilkan oleh pendidikan tinggi. Akan tetapi, sampai saat ini masih banyak penyelenggaraan pendidikan tinggi yang belum efektif. Hal tersebut dibuktikan dari perguruan tinggi Indonesia yang belum masuk ranking atas pendidikan tinggi di dunia, bahkan di Asia. Dalam hal ini, menunjukkan bahwakualitas pendidikan tinggi di Indonesia masih sangat kurang dan akan berakibat ke sumber daya manusia yang dihasilkan.

4. Biaya pendidikan yang mahal

Beberapa masyarakat masih kesulitan dalam menanggung biaya pendidikan anaknya karena banyaknya tanggungan biaya lain. Walaupun pemerintah menyediakan banyak beasiswa, salah satunya beasiswa untuk mahasiswa dari keluarga tidak mampu, tetapi jumlahnya hanya sedikit. Akibatnya, adanya ketidakadilan dalam memperoleh hak atas pendidikan.

5. Pengangguran yang Terdidik

Masalah krusial dalam perguruan tinggi di Indonesia adalah banyak lulusan pendidikan tinggi yang belum segera memasuki dunia kerja dan menciptakan lapangan pekerjaan. Jumlah pengangguran terdidik pun mengalami peningkatan selama beberapa tahun terakhir, sedangkan jumlah pengangguran tidak terdidik mengalami penurunan. Akibatnya, tugas pemerintah untuk menciptakan lapangan pekerjaan akan semakin sulit.

6. Keterkaitan antara Pendidikan Tinggi dan Kebutuhan SDM di Lapangan Kerja

Kondisi lapangan dan pendidikan tinggi masih berjalan terpisah yang menyebabkan kurang terbiasanya seseorang dengan kondisi riil di lapangan pekerjaan. Akhirnya, upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat yang dapat dihasilkan dari perguruan tinggi malah terhambat. Perguruan tinggi dinilai belum mampu melahirkan sumber daya manusia yang layak diterima di lapangan pekerjaan yang ada dan belum dapat menghasilkan seorang yang mandiri dengan menjadi wirausahawan.

Masalah tersebut dapat diatasi apabila kita bersama-sama berkontribusi dan bekerja sama dengan pemerintah dalam kemajuan pendidikan di Indonesia. Diharapkan kedepannya, kondisi pendidikan tinggi di Indonesia akan semakin baik. Pendidikan tinggi seharusnya benar-benar menjadi tempat penghasil sumber daya manusia yang mampu mengembangkan dan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kebaikan hidup manusia.


Refrensi :

https://jurnal.republika.co.id/posts/203048/lulusan-perguruan-tinggi-dominasi-pengangguran-di-indonesia-ini-sebabnya

Instagram : @mindthegap

Linkedin : Mind The Gaps Future

Twitter : MindTheGap_

Spotify : MindTheGaps Podcast

Telegram : https://t.me/mindthegapfuture

Email : mindthegapfuture@gmail.com

Website : mindthegapyourfutureinformation.wordpress.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kegiatan Webinar : "Believe in Yourself, Be Wise With Your Future: Pemilihan Jurusan yang Tepat"

Peta Jalan Kuliah : Exploring Jalur Masuk Perguruan Tinggi Terkini

Semakin Terbantu Dengan Teknologi AI:Inilah Upaya Agar Pendidikan Tidak Terkikis