TIPS SURVIVE DI DUNIA PERKULIAHAN




Halo sobat gappys! Di tema TIPS kali ini, Mindgap bakal kasih tips bagaimana sih cara survive di dunia perkuliahan? 

Kehidupan kuliah tentunya sangat berbeda dengan masa-masa di sekolah. Agar masa kuliah kalian tidak sia-sia, perhatikan tips survive di dunia perkuliahan khususnya untuk Gappys yang baru mau menjadi maba nih!

1. Pilih Teman yang Memberi Dampak Positif

Teman adalah cerminan dari diri kita yang berarti bahwa memilih teman sama artinya dengan memilih bagaimana hidup kita nantinya. Jika kalian memilih teman yang memberikan dampak negatif, maka perlahan kalian juga akan terseret ke dalam dunia yang negatif. Karena itulah penting untuk memilih teman yang memberikan dampak positif untuk diri kalian. Teman-teman yang baik itulah yang nantinya akan membantu kalian untuk survive di dunia perkuliahan apalagi pada tahun-tahun awal.

2. Pelajari Keterampilan Non Akademik

Banyak orang mengatakan bahwa ilmu yang pelajari saat kuliah tidak banyak digunakan saat di dunia kerja. Untuk jurusan tertentu, mungkin hal ini relevan. Tentu saja tidak semua mata kuliah yang dipelajari akan sesuai dengan pekerjaan di masa mendatang. Di dunia kerja, ilmu dari kuliah tadi akan berkolaborasi dengan cabang ilmu lainnya. Jadi, akan lebih baik apabila kita mempelajari ilmu non akademik yang berbeda dengan jurusan kita. Mengingat kebutuhan pekerjaan pada zaman ini begitu kompleks dan membutuhkan banyak keterampilan.

3. Pilih Jalanmu Sebagai Tipe Mahasiswa Apa

Terdapat begitu banyak tipe mahasiswa dan yang paling sering disebut  adalah mahasiswa kupu-kupu dan mahasiswa kura-kura. Dari kedua jenis tersebut, kamu bisa memilih jalan mana yang sekiranya akan lebih kamu nikmati.

4. Perluas Relasi

Di dunia perkuliahan kita memang dituntut untuk memperluas relasi. Awalnya mungkin cukup sulit untuk memulai, namun kita bisa mengawalinya dengan menjadi anggota suatu organisasi. Secara otomatis, kita memiliki kenalan baru dari berbagai latar belakang. Tidak terbatas pada kegiatan kampus, kita bisa bergabung dengan komunitas dan mengikuti kegiatan sosial yang berada di luar kampus. Tentu saja relasi kita menjadi lebih beragam dari segi usia dan profesi.

5. Manfaatkan Fasilitas Kampus

Tentunya kita akan merasa sayang dengan biaya kuliah yang tidak sebanding dengan fasilitas yang kita dapat. Kalian dapat menggunakan fasilitas layanan internet gratis, peminjaman buku dan akses karya ilmiah, maupun sarana penunjang lainnya yang dapat diakses secara bebas. Selain itu, bergabung organisasi dan mengikuti perlombaan juga disarankan. Melalui kegiatan ini, tanpa disadari kalian akan mendapatkan banyak benefit.

Nah, itulah 5 cara ‘survive’ di tahun pertama perkuliahan yang maba wajib tahu. Dari kelima hal tersebut, mana nih yang sudah gappys lakukan?


Penulis : Najwa Annisa

FOR MORE INFORMATION, FIND US AT

Instagram : @mindthegap

Linkedin : Mind The Gaps Future

Twitter : MindTheGap_

Spotify : MindTheGaps Podcast

Telegram : https://t.me/mindthegapfuture

Email : mindthegapfuture@gmail.com 

Website : mindthegapyourfutureinformation.wordpress.com 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kegiatan Webinar : "Believe in Yourself, Be Wise With Your Future: Pemilihan Jurusan yang Tepat"

Peta Jalan Kuliah : Exploring Jalur Masuk Perguruan Tinggi Terkini

Semakin Terbantu Dengan Teknologi AI:Inilah Upaya Agar Pendidikan Tidak Terkikis