Si Paling Suka Kerja Di Lapangan Wajib Tau Jurusan Ini!










Hola Gappys! 

Denger-denger udah pada mulai registrasi akun SNPMB yaaa? Gappys yang berniat buat ikut pendaftaran masuk PTN tahun ini jangan lupa daftar yaa! Nah, karena sebentar lagi mau daftar SNBP dan SNBT, Gappys udah tau belum nih mau masuk jurusan apa? Atau masih luntang-lantung gak tau mau masuk jurusan apa? MinGap punya satu rekomendasi jurusan saintek nih, Gappys! Cluenya, cocok banget buat Gappys yang suka kerja di lapangan! Pokoknya buat Gappys yang gak banget deh kalo kerja di dalam ruangan hehe. Yeash! Jurusan

Kesehatan dan Keselamatan Kerja atau K3! Biasanya sih jurusan ini ada di peminatan pada jurusan Kesehatan Masyarakat, tapi ada juga kok universitas yang punya jurusan khusus ini yang tidak tergabung dalam Kesehatan Masyarakat! Mau tau lebih dalam soal jurusan ini? Yuk simak penjelasan MinGap yaaa!

Gappys pernah denger K3? Nah, itu kepanjangan dari Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Jadi, jurusan ini membahas gimana sih cara hindarin risiko kecelakaan dan penyakit di tempat kerja. Biasanya logo K3 keliatan di proyek atau kantor gede.



Mata kuliah tuh K3 macem-macem, dari Biologi, Fisika, Kimia, Psikologi, sampai Kesehatan. Cocok buat yang suka sains tanpa ribet hitung-hitungan. Meski ada Fisika dan Kimia, materi di sini mirip SMA dulu kok! Karena jurusan K3 masuk ke rumpun Saintek, di awal kuliah bakal dapet matkul kesehatan. Ada Ilmu Biomedik Dasar, Dasar Kesehatan Masyarakat, Komunikasi Kesehatan, dll. Di pertengahan, matkulnya makin spesifik. Ada Ergonomi, ngebahas hubungan lingkungan kerja sama fisik manusia. Kita belajar bikin lingkungan kerja yang nyaman biar pekerja aman. Di jurusan ini, Gappys bakal belajar cara menganalisis kecelakaan kerja, dari penyebab, akibat, sampe pencegahannya. Intinya, K3 bertujuan melindungi keselamatan pekerja dari bahaya dan penyakit. Misalnya, sebagai anak K3, bisa kasih solusi kayak Alat Pelindung Diri (APD) buat jaga pekerja dari virus, bakteri, atau zat kimia.

Penasaran gak sih peluang kerja dari K3 apa aja? Nih MinGap spill!

Berdasarkan aturan Kementerian Ketenagakerjaan RI, setiap perusahaan berisiko tinggi wajib punya ahli K3 Umum. Buat jadi ahli K3 Umum, bisa ambil sertifikasi dari Kementerian Ketenagakerjaan RI atau Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Nah, ini dia macam-macam job yang bisa didapat oleh lulusan K3!

  • Safety Inspector

  • Safety Officer

  • Corporate Safety

  • Safety Auditor

  • Higiene Industri

  • Ahli Ergonomi

  • Safety Coordinator

  • Safety Advisor

Lulusan K3 bisa kerja di berbagai sektor, dari pertambangan, manufaktur, transportasi, kesehatan, oil and gas, otomotif, retail, rumah sakit, dan sebagainya.

Jurusan K3 ada di kampus mana aja sih MinGap? Dimana-mana! Karena K3 pun menjadi salah satu peminatan pada jurusan Kesehatan Masyarakat dan jurusan Kesmas tersebar di banyak PTN Indonesia, jadi Gappys bisa sesuaikan dengan universitas impian deh! Gelar untuk jurusan K3 bisa S.KKK atau S.KM (dari Kesehatan Masyarakat) buat S1, Sarjana Sains Terapan (S.ST.) buat D4, dan Ahli Madya (A.Md.) buat D3. Nah, ini dia kampus yang punya jurusan K3:

  • Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Universitas Indonesia

  • Kesehatan Masyarakat, UNDIP

  • Kesehatan Masyarakat, UNSOED

  • D4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja, UNS

  • D3 Keselamatan dan Kesehatan Kerja, UNAIR

Nah, itu sekilas penjelasan dari MinGap mengenai jurusan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Sekarang udah tau kan K3 itu belajar apa aja dan ngapain aja. Gimana? Gappys ada yang tertarik buat nyoba dan masuk ke jurusan ini? Atau ada yang mulai oleng dari jurusan awalnya dan minat buat beralih ke K3? Hehe. Apapun jurusan yang dipilih sama Gappys nanti, semoga bisa lolos ke jurusan impian Gappys masing-masing yaa! MinGap pamit dulu, sampai ketemu lagi, Gappys!


Penulis : Sasita Dewi Andini


FOR MORE INFORMATION, FIND US AT

Instagram : @mindthegap

Linkedin : Mind The Gaps Future

Twitter : MindTheGap_

Spotify : MindTheGaps Podcast

Telegram : https://t.me/mindthegapfuture

Email : mindthegapfuture@gmail.com 

Website : mindthegapyourfutureinformation.wordpress.com 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kegiatan Webinar : "Believe in Yourself, Be Wise With Your Future: Pemilihan Jurusan yang Tepat"

Peta Jalan Kuliah : Exploring Jalur Masuk Perguruan Tinggi Terkini

Semakin Terbantu Dengan Teknologi AI:Inilah Upaya Agar Pendidikan Tidak Terkikis