Membangun Masa Depan? 8 Tips Ala Nelarine Cornelius Patut Kamu Coba!



Haii haii sobat Gappys? Gimana nih kabar kalian? Apakah liburannya makin produktif atau sebaliknya nih? 


Balik lagi bersama MinGap disini, yang gak akan pernah bosan untuk kasih tips ala Nelarine Cornelius yang menarik untuk kalian semua nih, terutama untuk mahasiswa yang sudah mau lulus.

By the way, apa kalian sudah mempersiapkan diri untuk menuju ke tahap karir? MinGap harap kalian sudah memikirkannya dan tidak salah langkah yaa. MinGap mau ngasih tips juga nih bagaimana cara menuju kesuksesan dalam berkarir, yuk baca sampai selesai.

1. SIAPKAN PERSONAL GOALS

Goals atau tujuan yang dimaksud ialah meningkatkan kualitas diri, baik secara mental, emosional, hingga kehidupan sosial. Cornelius mencontohkan, salah satu bentuk meningkatkan kualitas atau pengembangan diri dengan cara belajar.

          2. KEMBANGKAN MINDSET PERTUMBUHAN & JADILAH PROAKTIF

Menurut Cornelius, memiliki pemikiran yang terbuka atau growth mindset akan membuat kamu memiliki nilai tambah di mata para perusahaan. Growth mindset adalah pola pikir yang tidak mudah berpuas diri atas pencapaian yang telah diraih, melainkan ingin terus mengembangkan diri dan mempelajari keterampilan baru. Tidak hanya itu, growth mindset juga membuat kita menghargai adanya proses atas segala hal yang dilakukan. Selain growth mindset, hal yang tidak boleh diabaikan adalah bersikap proaktif dalam mengambil inisiatif dan bertanggungjawab.

3. DEFINISIKAN IDE SUKSES DAN PENERIMAAN DIRI SENDIRI

Selanjutnya, tentukan definisi kesuksesan dan kebahagian kamu sendiri. Ingat, jangan menjadikan pencapaian orang lain sebagai standar kesuksesan dan kebahagian kamu. Jika sudah menentukan definisi tersebut, kamu dapat mengetahui langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mencapai kesuksesan itu. Dalam prosesnya kamu juga pasti akan menemukan kegagalan. Namun, jangan khawatir, kegagalan adalah bagian dari sebuah proses. Tidak hanya itu, kamu harus mengetahui dan bisa menjelaskan apa kekuatan dan kelemahanmu.

4. TUMBUHLAH DI LUAR ZONA NYAMANMU

Menurut Cornelius, berada di posisi yang nyaman belum tentu berarti aman. Jika sudah nyaman dengan suatu hal, tidak jarang hal itu membuat seseorang tidak mau berkembang. Cornelius pernah mengalami di posisi tersebut. Ia pun memutuskan untuk berkarir ke perusahaan lainnya untuk terus mengembangkan kemampuannya. Namun, Cornelius menekankan, tidak ada salahnya jika kamu setia dengan satu perusahaan. Asalkan kamu bahagia dan nyaman dengan lingkungan perusahaannya.

                5. TINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI

Meningkatkan kemampuan berkomunikasi sangat penting. Komunikasi yang baik tentu akan berdampak, baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Kemampuan berkomunikasi tidak hanya terbatas dari cara berbicara, tapi juga harus mampu menjadi seorang pendengar yang baik. Ketika mampu mendengar dengan baik, maka kita akan merespons lawan bicara dengan baik dan tepat sasar.

6. JADILAH PRODUKTIF NAMUN JANGAN BERHENTI BELAJAR

Waktu terus mengalir seperti sungai. Oleh karena itu, manfaatkanlah waktu yang ada dengan baik untuk mencapai apa yang kamu impikan.


“Manfaatkanlah waktu kalian untuk yang namanya learning. Kalau kalian punya kesempatannya,  go for it. Kalau belum ada, cari cara untuk mendapatkannya,” ujar Cornelius.

7. KETAHUI TUJUANMU, BERLATIHLAH EMPATI

Semua impian tidak akan ada gunanya jika kamu tidak mempunyai tujuan. Untuk itu, penting untuk memiliki tujuan untuk mencapai semua impian kamu. Selain itu, memiliki sikap empati juga penting agar kamu bisa memahami perasaan orang lain.


“Mulai sekarang, bukan hanya simpati, tetapi empati. Empati itu menempatkan pikiran dan diri kita seolah berada di posisi orang lain. Begitu lah caranya berempati kepada seseorang. Jadi, belajarlah untuk berempati,” tutur peraih penghargaan 40 Under 40 Asia HR Leaders 2022 ini.

8. IKUT AKTIF DALAM KEGIATAN

Nah disini kalian bisa ikut program magang ataupun volunteer. Dimana disaat kalian magang kalian bisa tau skill kalian ada dimana dan tujuannya kedepannya harus melakukan apa. Dan dengan kalian ikut volunteer bisa mengembangkan diri kita sendiri, karena dengan ikut volunteer kita akan terjun langsung seperti magang yang dimana kita harus lebih kreatif dan mempunyai ide-ide menarik yang bisa membuat kita bisa mengembangkan diri kita.

Dengan memperhatikan tips tadi, semoga kalian semakin matang yaa berpikir untuk berkarir. 

Nah semoga tips yang MinGap kasih berguna yaa buat sobat Gappys. MinGap pamit undur diri, time to say goodbye Gappys! See you next time di blog berikutnyaa!!

Penulis : Siti Aisyah


FOR MORE INFORMATION, FIND US AT

Instagram : @mindthegap

Linkedin : Mind The Gaps Future

Twitter : MindTheGap_

Spotify : MindTheGaps Podcast

Telegram : https://t.me/mindthegapfuture

Email : mindthegapfuture@gmail.com 

Website : mindthegapyourfutureinformation.wordpress.com


              


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kegiatan Webinar : "Believe in Yourself, Be Wise With Your Future: Pemilihan Jurusan yang Tepat"

Peta Jalan Kuliah : Exploring Jalur Masuk Perguruan Tinggi Terkini

Semakin Terbantu Dengan Teknologi AI:Inilah Upaya Agar Pendidikan Tidak Terkikis