Semakin Terbantu Dengan Teknologi AI:Inilah Upaya Agar Pendidikan Tidak Terkikis


 Hallo sobat Gappys? Apa kabar nih? MinGap berharap, semoga Gappys sehat selalu yaa..

Balik lagi nih bersama MinGap disini, yang gak akan pernah bosan untuk kasih info menarik tentang issue yang terjadi saat ini.


By the way, apa sih yang ada dipikiran kamu waktu mendengar kata AI? MinGap yakin kalian pasti sangat familiarkan sama kata AI. Yuk kita bahas apa sih itu AI dan apa hubungannya dengan issue pendidikan yang ada di Indonesia.


AI adalah Kecerdasan Buatan, seperti kepanjangan AI yaitu Artificial Intelligence, AI merupakan teknologi yang dirancang untuk membuat sistem komputer mampu meniru kemampuan intelektual manusia. AI memungkinkan komputer untuk belajar dari pengalaman, mengidentifikasi pola, membuat keputusan, dan menyelesaikan tugas-tugas kompleks dengan cepat dan efisien.


“Lalu apa hubungannya AI dengan pendidikan MinGap?”

Nah disini terdapat dua pendekatan yang dapat diterapkan untuk menerapkan kecerdasan buatan (AI) di lingkungan pendidikan. Pertama, pengalihan tugas guru ke sistem AI, yang bertindak sebagai tutor untuk setiap siswa. Kedua adanya teknologi pintar yang menyesuaikan konten untuk setiap pembelajar sudah digunakan secara luas di banyak ruang kelas, dalam bentuk sistem tutor cerdas (Moleenar, 2021).


Terdapat beragam hal yang dapat dilakukan untuk menerapkan  AI dalam kegiatan pembelajaran. Semakin berkembangnya zaman, menuntut segala bidang termasuk pendidikan untuk beradaptasi maupun berkolaborasi untuk memecahkan masalah :

  1. Mentor Virtual

  2. Voice Assistant

  3. Smart Content

  4. Presentation Translator


“Aduh MinGap aku jadi khawatir nih, takut nanti AI bisa mengikis pendidikan di Indonesia”

Nah buat sobat Gappys yang khawatir akan efek dari AI, sini MinGap kasih tau yaa tipsnya supaya AI ini tidak mengikis pendidikan di Indonesia, yaitu :

  1. Integrasi AI dengan Pendidikan

Pastikan bahwa implementasi AI dalam pendidikan didasarkan pada pendekatan yang memperkaya pengalaman belajar, bukan menggantikannya. Gunakan AI sebagai alat bantu untuk meningkatkan efisiensi dan aksesibilitas.


  1.  Pendidikan dan Guru

Berikan pelatihan kepada guru untuk memahami dan menggunakan teknologi AI dengan efektif. Guru yang terampil dalam mengintegrasikan teknologi akan dapat memaksimalkan potensinya dalam mendukung proses pembelajaran.


  1. Aksesibilitas

Pastikan bahwa teknologi AI dan akses internet tersedia secara merata di seluruh wilayah. Ini membantu mencegah ketidaksetaraan dalam akses pendidikan dan memastikan bahwa semua siswa memiliki kesempatan yang sama.


  1. Pengembangan Kurikulum yang Relevan

Sesuaikan kurikulum dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan pasar. Ini membantu mempersiapkan siswa dengan keterampilan yang relevan untuk masa depan, termasuk pemahaman tentang teknologi AI.


  1. Etika dan Keamanan

Tetapkan kebijakan dan standar keamanan data yang ketat untuk melindungi informasi pribadi siswa dan mencegah penyalahgunaan teknologi AI. Pastikan implementasi AI sesuai dengan prinsip-prinsip etika.


  1. Partisipasi Masyarakat

Melibatkan orangtua, masyarakat, dan pemangku kepentingan lainnya dalam proses pengambilan keputusan terkait dengan implementasi teknologi AI di sekolah. Transparansi dan kolaborasi dapat mengurangi kekhawatiran dan meningkatkan dukungan.


Dengan memperhatikan aspek-aspek ini, penggunaan AI dalam pendidikan di Indonesia dapat menjadi alat yang bermanfaat untuk meningkatkan mutu pendidikan, bukan menguranginya.

Nah semoga tips yang MinGap kasih berguna yaa buat sobat Gappys. MinGap pamit, time to say goodbye Gappys! See you next time!!



REFERENSI




Moh. Ayub Ismail. (2023). Apa Itu AI (Artificial Intelligence): Pengertian, Kelebihan, Dan Kekurangan

https://stekom.ac.id/artikel/apa-itu-ai-kecerdasan-buatan-pengertian-kelebihan-kekurangan


Shintia. (2022). Peranan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) dalam Pendidikan

https://ppg.kemdikbud.go.id/news/peranan-kecerdasan-buatan-artificial-intelligence-dalam-pendidikan


Penulis : Siti Aisyah




FOR MORE INFORMATION, FIND US AT


Instagram : @mindthegap


Linkedin : Mind The Gaps Future


Twitter : MindTheGap_


Spotify : MindTheGaps Podcast


Telegram : https://t.me/mindthegapfuture


Email : mindthegapfuture@gmail.com 


Website : mindthegapyourfutureinformation.wordpress.com 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kegiatan Webinar : "Believe in Yourself, Be Wise With Your Future: Pemilihan Jurusan yang Tepat"

Peta Jalan Kuliah : Exploring Jalur Masuk Perguruan Tinggi Terkini