Peta Jalan Kuliah : Exploring Jalur Masuk Perguruan Tinggi Terkini


    

Halo Sobat Gappys calon Maba 2024! Gimana nih persiapan masuk perguruan tingginya? Tetap semangat belajarnya sobat Gappys! Gak kerasa nih, tinggal menghitung bulan menuju medan tempur, dimana segala persiapan kalian sejak lama, akan diuji disini. Akan tetapi, kamu gak perlu gugup ya! Asalkan Gappys terus berusaha dan melakukan yang terbaik, tidak perlu merasa takut dan terlalu memikirkan kedepannya. Intinya, kalau Gappys sudah semaksimal mungkin,  hasilnya ga bakal ngecewain. Kalaupun nanti ga sesuai harapan, percaya deh sama MinGap, kalau itu adalah yang terbaik buat Gappys. Nah, biar Gappys makin update, MinGap bakal bahas kabar terbaru seputar jalur masuk perguruan tinggi, terkhusus disini yang kita bahas adalah jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Yuk, kita baca bareng-bareng biar ga ketinggalan!

Beberapa hari yang lalu, tepatnya 8 Desember 2023 kemarin, Badan Pengelolaan  Pengujian Pendidikan (BPPP) telah mengadakan konferensi pers peluncuran Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB). Dimana konferensi ini menjadi momen penting untuk seluruh calon mahasiswa baru agar dapat mengetahui mekanisme seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru di tahun 2024. Nah, Gappys pasti udah penasaran banget nih, apakah ada perubahan dari setiap jalur masuk perguruan tinggi entah itu jalur SNBP, SNBT, maupun mandiri. Kira-kira, apakah ada perbedaan dari tahun-tahun sebelumnya? Kalaupun ada, apa aja perubahannya? Spesial buat Gappys pejuang kampus 2024, MinGap bakal jabarin satu- satu!

1.  SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi)

Untuk Gappys pejuang jalur SNBP, ada info penting nih buat kalian. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, bagi Gappys yang dinyatakan diterima melalui jalur SNBP, kalian tidak dapat mengikuti proses seleksi melalui jalur SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes). Pada tahun sebelumnya, Gappys masih bisa mengikuti jalur mandiri di PTN lain, sekarang sudah tidak bisa. Gak hanya itu loh, aturan terbaru khusus untuk jalur SNBT ini juga berlaku kepada Gappys yang dinyatakan diterima pada jalur SNBP 2023, serta SNMPTN 2022. Jadi, jika Gappys sudah diterima melalui SNBP 2023 dan SNMPTN 2022, Gappys tidak dapat mengikuti seleksi melalui jalur SNBT 2024. Harap diperhatikan dengan baik ya!

Beberapa ketentuan mengenai pemilihan program studi dari hasil Konferensi Pers kemarin, biar Gappys semakin pede dengan jurusan yang diambil : 

  1. Setiap siswa yang eligible diizinkan untuk memilih program studi di PTN.
  2.  Setiap siswa dapat memilih 2 (dua) program studi dari satu PTN atau dua PTN.

  3. Jika memilih dua program studi, salah satu harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya.

  4. Jika memilih satu program studi, dapat memilih PTN yang berada di provinsi manapun

        2. SNBT (Seleksi Nasional Berbasis Tes)

Siapa nih sobat Gappys pejuang SNBT?? MinGap mau ngasih info terbaru buat teman-teman pejuang jalur SNBT nih. Pada tahun-tahun sebelumnya, jika Gappys sudah diterima melalui jalur SNBT, Gappys masih bisa untuk mendaftar pada jalur mandiri. Nah, aturan terbaru untuk SNBT 2024, jika Gappys sudah diterima dan mendaftar ulang atau registrasi di PTN yang dituju, maka Gappys tidak dapat mendaftar ke jalur mandiri perguruan tinggi manapun. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar lebih bijak dalam memilih jurusan dan bertanggung jawab dengan pilihan yang diambil.

Oh iya, sedikit informasi mengenai materi UTBK 2024, di mana untuk materinya masih sama seperti tahun 2023, yaitu ada TPS (Tes Potensi Skolastik), Penalaran Matematika, dan Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Inggris. Dapat bocoran dikit nih dari BPPP melalui konferensi pers, dimana nanti selain bentuk soalnya berupa pilihan ganda dan pilihan ganda kompleks, akan ada soal yang berbentuk isian. Akan tetapi, tidak perlu takut ya! Soal-soal ini dirancang dalam bentuk isian yang jawabannya sederhana, bukan mengarang dengan membuat essay ataupun sebuah karya. Persiapkan dengan baik ya Gappys!

Ngomong-ngomong, kalian sudah bisa mengakses contoh soal berbentuk isian melalui link ini ya! Aturan terbaru lainnya, sekarang kalian sudah bisa memilih jurusan hingga 4 jurusan pilihan kalian, loh! Gimana, luar biasa kan? Untuk aturan pemilihan jurusan ini, dapat kalian akses disini!

    3.  Mandiri

Selanjutnya jalur mandiri nih, Gappys. Seperti yang sudah kita bahas pada jalur SNBP dan SNBT, sudah pasti ya, jalur ini diperuntukan untuk sobat Gappys yang telah berjuang melalui jalur SNBP dan SNBT, tetapi masih harus berjuang lagi melalui jalur ini. Untuk ketentuan serta jenis tes dalam jalur mandiri, kemungkinan besar sama seperti tahun-tahun sebelumnya, yaitu menyesuaikan kebijakan dari perguruan tinggi pilihan masing-masing. Akan tetapi, tetap kita tunggu kabar dari BPPP. Teruntuk Sobat Gappys yang masih harus berjuang melalui jalur ini nantinya, tidak apa-apa, Gappys harus percaya dan yakin jika harapan itu masih ada. Tetap semangat, Gappys!

Nah, itu tadi beberapa informasi terbaru seputar jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri. Semoga bisa menjawab pertanyaan yang terlintas di benak Gappys ya! Ngomong-ngomong, Gappys sudah menentukan jurusan impiannya, belum? Nantikan blog selanjutnya yang pastinya ga kalah seru mengenai dunia perkuliahan, ya. MinGap pamit dulu, sampai ketemu lagi, Gappys

Referensi

          Doddy. (2023). Dirjen Diktiristek : Sistem SNPMB Dibuat Lebih  Adil dan Transparan

https://dikti.kemdikbud.go.id/kabar-dikti/kabar/dirjen-diktiristek-sistem-snpmb-2024-dibuat-lebih-adil-dan-transparan/ Diakses pada 11 November 2023

           Penulis : Lavina Lena Livia


FOR MORE INFORMATION, FIND US AT

Instagram : @mindthegaps_

Linkedin : Mind The Gaps Future

Twitter : MindTheGap_

Spotify : MindTheGaps Podcast

Telegram : https://t.me/mindthegapfuture

Email : mindthegapfuture@gmail.com 

Website : mindthegapyourfutureinformation.wordpress.com



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kegiatan Webinar : "Believe in Yourself, Be Wise With Your Future: Pemilihan Jurusan yang Tepat"

Semakin Terbantu Dengan Teknologi AI:Inilah Upaya Agar Pendidikan Tidak Terkikis