Catat ! 6 Langkah Mudah Mahasiswa Selesaikan Skripsi Cepat dan Minim Revisi.

 Catat ! 6 Langkah Mudah Mahasiswa Selesaikan Skripsi Cepat dan Minim Revisi.


Hallo Sobat Gappys!! Ketemu lagi nih sama MinGap yang gak akan bosan untuk kasih berbagai informasi seputar dunia pendidikan. Oh iya, Kabar Gappys semua baik-baik aja kan? Atau, beberapa dari Gappys lagi suntuk banget di masa penyusunan skripsi? Tetap semangat yaa, yakin deh Badai Pasti Berlalu”. 

Kalau ngomongin skripsi ini memang gak akan ada habisnya ya. Setiap mahasiswa akan berproses dengan berbagai keluh kesahnya masing-masing. Ada yang kesulitan menemui dosen pembimbing, ada yang kesulitan mencari referensi jurnal, bolak balik kampus dan perpustakaan rasanya sudah jadi rutinitas dengan harapan skripsi bisa segera selesai. Sebelumnya, MinGap ingin berpesan untuk tetap jaga kesehatan mental kalian ya. Masa skripsian bisa jadi sangat sulit, boleh banget istirahat kok, heal yourself first.

Jangan sedih Gappys! Disini MinGap akan kasih 6 langkah mudah supaya skripsi Gappys cepat selesai dan minim revisi. 6 langkah itu apa aja nih MinGap? Okay, here we go! 

  1. Pilih Topik yang Kamu Kuasai Jauh-Jauh Hari

Karena kalau mau menulis sesuatu kita butuh menentukan topik utama terlebih dahulu. Topik ini lah yang akan jadi acuan kita untuk mengembangkannya jadi tulisan dengan bantuan kerangka tulisan. Sebelum menyusun skripsi, kita perlu menulis proposal penelitian terlebih dahulu. Mahasiswa biasanya pada war dulu untuk memilih departemen peminatan atau dosen pembimbing (dosbing). Setelah itu, mahasiswa perlu mengajukan judul topik sesuai dengan peminatan yang dipilih.

Kalau topik sudah di-acc dosbing, baru deh nentuin judul penelitian yang didukung dengan fenomena yang ada. Saran MinGap , pilih topik penelitian yang bener-bener kamu suka atau tertarik biar nanti ngerjain skripsinya jadi lebih enjoy. Untuk mencari topik penelitian yang menarik kamu bisa memperhatikan fenomena-fenomena yang ada disekitarmu. Kamu juga bisa cari inspirasi dari skripsi-skripsi sebelumnya udah banyak banget kok di internet dan bisa juga cari referensi di perpustakaan kampus.

  1. Tentukan Target Waktu yang Realistis

Mengenai waktu ini, bisa dihubungkan dengan hal lain yang bisa memacu  untuk lebih serius mengejar target. Misalnya, ingin menyelesaikan skripsi akhir tahun ini karena itu tanggal ditutupnya pendaftaran wisuda. Akhirnya, ada rasa tidak ingin ketinggalan wisuda periode ini dan harus segera menyelesaikan skripsi. 

Sebaiknya, tentukan target waktu yang realistis. Secara umum, skripsi bisa paling cepat diselesaikan sekitar 5 hingga 6 bulan. Ini tergantung dengan berat atau tidaknya tema yang  diangkat dan juga bagaimana dosen pembimbing memberikan dukungan. Target waktu ini bisa disesuaikan dengan situasi dan kondisi masing-masing ya .

  1. Cari Referensi dan Banyak Membaca yang Relevan Sebanyak Mungkin

Mencari referensi untuk menulis skripsi itu wajib hukumnya karena selain bisa dijadikan sebagai dasar teori juga bisa dijadikan inspirasi. Semakin banyak referensi yang relevan untuk skripsi, semakin memudahkan kamu untuk mengaitkan hasil penelitian dengan kerangka teori yang ada.

Sebagai bahan penunjang, Gappys bisa mencari referensi di berbagai website juga loh. Seperti Situs IPUSNAS, Google Scholar, Jurnal LIPI, DOAJ, Academia.edu, dan Researchgate.

Gappys bisa mulai kembangkan kebiasaan membaca mulai semester 1 di perkuliahan. Tidak bisa dipungkiri, dengan terbiasa membaca orang bisa menulis dengan benar. Kemudian bisa diperkuat dengan kerangka berpikir. Bisa menjawab “apa sih yang mau aku teliti?” dan “apa yang harus aku lakukan untuk menyelesaikan penelitianku?”. Selanjutnya, mulai belajar untuk memparafrase suatu tulisan agar skripsi kamu minim persentase plagiasi.

  1. Rajin Konsultasi dengan Dosen Pembimbing

Bisa dibilang sedikit tricky ya, karena dosen tidak hanya membimbing satu dua mahasiswa saja. Untuk solusinya, cobalah memperbaiki  struktur pesan saat ingin melakukan janji temu. Pilih jam kantor dimana itu jam efisien para dosen melakukan segala mobilitasnya. Sampaikan salam, serta isi pesan yang padat dan jelas. Jangan lupa sebutkan identitas kamu, dan sampaikan terima kasih.

Gappys tidak perlu menunggu hingga setiap bab sempurna. Jika perlu, usahakan untuk berkonsultasi dengan dosen pembimbing satu kali dalam satu minggu atau dua minggu. Penting untuk datang tepat waktu saat melakukan janji temu dengan dosbing. Kamu akan dinilai lebih profesional, dan memungkinkan melakukan janji temu di lain waktu.

  1. Segera Menyelesaikan Revisi yang Diberikan Dosbing

Gappys disini ada yang sering mengeluh revisiannya banyak? tenang aja, kerjain satu persatu pasti bisa selesai kok.Masukan dari dosbing itu perlu penting banget. Dosbing sudah berpengalaman dalam membimbing skripsi mahasiswa dari tahun ke tahun jadi masukan yang diberikan pastinya relate dan kemungkinan akan jadi problem saat sidang kalau tidak diperbaiki sekarang. Semakin banyak revisi semakin bagus nanti skripsinya karena sering mendapatkan review sehingga kemungkinan bisa berkurang. Kalau kamu ga ngerti maksud revisi yang diberikan jangan sungkan untuk bertanya kepada dosbing ya.

  1. Berikan Reward untuk Pencapaianmu

Saat mengerjakan skripsi, tidak heran jika kamu bosan dan lelah. Maka dari itu, untuk menjaga semangat, tidak ada salahnya untuk memberi reward. Reward ini bisa berupa keluar membeli makanan kesukaan, menonton film di bioskop, atau menikmati secangkir kopi di coffee shop. 

Beri reward untuk menyenangkan dirimu sendiri. Misal, kamu pergi ke bioskop setelah dosen memberimu acc pada Bab 1. Buatlah proses penyusunan skrip se-menyenangkan itu agar tidak menjadi beban.

Bagaimana Gappys? Langkah-langkah ini bisa menjadi solusi bukan? MinGap harap, Gappys semua bisa menyelesaikan skripsi dengan lancar dan selesai tepat waktu ya. Jangan lupa tinggalkan like, comment, dan share ke teman teman lainnya juga supaya MinGap semangat terus kasih info seputar perkuliahan ya. Keep Fighting Pejuang Skripsi!!!

Sampai jumpa di lain waktu Gappys!!!

FOR MORE INFORMATION, FIND US AT

Instagram : @mindthegap

Linkedin : Mind The Gaps Future

Twitter : MindTheGap_

Spotify : MindTheGaps Podcast

Telegram : https://t.me/mindthegapfuture

Email : mindthegapfuture@gmail.com 

Website : mindthegapyourfutureinformation.wordpress.com 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kegiatan Webinar : "Believe in Yourself, Be Wise With Your Future: Pemilihan Jurusan yang Tepat"

Peta Jalan Kuliah : Exploring Jalur Masuk Perguruan Tinggi Terkini

Semakin Terbantu Dengan Teknologi AI:Inilah Upaya Agar Pendidikan Tidak Terkikis