5 Tips Presentasi yang Baik dan Benar Untuk Mahasiswa

Halo Sobat Gappys! 

Balik lagi sama MinGap yang ga ngebosenin dan smart ini. Kali ini MinGap kembali lagi dengan pembahasan yang ga kalah seru dibanding pembahasan lainnya lho! Penasaran ngga? Harus penasaran lah hehe.

Topik pembahasan kali ini adalah tips melakukan presentasi yang baik dan benar untuk mahasiswa. Presentasi merupakan bagian penting dan normal di bangku perkuliahan. Bahkan tidak jarang dosen selalu memberikan tugas presentasi di setiap pertemuannya. Presentasi sendiri merupakan sebuah kegiatan untuk menyampaikan sebuah materi/topik yang diangkat menggunakan tulisan maupun gambar. Presentasi dilakukan didepan dan disaksikan oleh orang-orang yang kita sebut audiens. 

Tapi, melakukan sebuah presentasi bukanlah hal yang mudah. Seringkali kita melihat orang lain hingga diri kita sendiri merasa gagal di waktu presentasi. Maka dari itu pada postingan blog kali ini, MinGap akan membagikan beberapa tips kepada Gappys yang dapat membantu menghadapi presentasi dengan lebih baik dan siap. Yuk, simak tipsnya!

            1. Persiapkan Materi dengan Matang

Tips yang pertama adalah mempersiapkan materi dengan matang. Jadi Gappys harus paham akan materi yang akan disampaikan saat presentasi.  Kalau bisa Gappys juga menyiapkan sebuah ringkasan atau poin-poin penting yang ingin disampaikan. Dengan hal tersebut nantinya presentasi Gappys akan jauh lebih tertata dan tidak akan textbook dalam presentasi.

2. Kenali Audiens Kamu 

Tips kedua adalah kenali audiens. Sebelum melakukan presentasi Gappys harus mengetahui terlebih dahulu siapa audiens yang akan mendengarkan. Apakah mereka sesama mahasiswa, dosen atau pihak external? Dengan begitu Gappys dapat menyesuaikan bahasa dan gaya presentasi agar lebih relevan dan mudah dipahami oleh mereka.

3. Gunakan Visual Presentasi yang Menarik

Tips ketiga adalah gunakan visual presentasi yang menarik. Untuk membantu memperkuat penyampaian presentasi, Gappys dapat menggunakan slide presentasi yang menarik. Untuk membuat slide yang menarik Gappys dapat memilih font yang sesuai dan dapat dibaca, warna yang tidak bertabrakan, dan hindari penggunaan teks yang terlalu banyak.

4. Berlatih dengan Giat

Tips keempat dan yang utama adalah berlatih dengan intens. Dengan berlatih lebih giat akan membantu  menguasai materi dengan baik dan meningkatkan rasa percaya diri. Gappys dapat berlatih di depan teman atau keluarga lalu tanyakan pendapat mereka.

5. Sampaikan dengan Bahasa yang Jelas & Lancar

Tips kelima adalah menggunakan bahasa yang jelas dan lancar. Agar presentasi berjalan lancar Gappys dapat menggunakan bahasa yang jelas hindari menggunakan kata-kata sulit atau bahasa yang mungkin tidak dipahami oleh semua orang. Saat presentasi usahakan Gappys untuk bersikap tenang dan tidak terlalu cepat, sehingga audiens dapat dengan mudah memahami dan mengikuti presentasi Gappys.

Itu tadi adalah 5 Tips Presentasi Yang Baik Dan Benar Untuk Mahasiswa. Gagal saat mencoba bukanlah sebuah kesalahan, justru dengan terus belajar dan tidak menyerah setelah kegagalan merupakan salah satu kunci kesuksesan. Gappys jangan lupa untuk terus berlatih dan selalu meningkatkan kemampuan presentasi ya agar kelak tidak mengalami kesulitan dan mudah meraih kesuksesan. Semoga postingan kali ini bermanfaat,  sampai jumpa di postingan blog selanjutnya, jangan lupa selalu pantengin  blog dari MinGap dan jangan lupa like dan comment dan follow juga terus akun Mind The Gap biar MinGap semangat terus kasih info menarik untuk Sobat Gappys semua. 

See You On The Next Content Ya, Bye Bye!

FOR MORE INFORMATION, FIND US AT

Instagram : @mindthegap

Linkedin : Mind The Gaps Future

Twitter : MindTheGap_

Spotify : MindTheGaps Podcast

Telegram : https://t.me/mindthegapfuture

Email : mindthegapfuture@gmail.com 

Website : mindthegapyourfutureinformation.wordpress.com 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kegiatan Webinar : "Believe in Yourself, Be Wise With Your Future: Pemilihan Jurusan yang Tepat"

Peta Jalan Kuliah : Exploring Jalur Masuk Perguruan Tinggi Terkini

Semakin Terbantu Dengan Teknologi AI:Inilah Upaya Agar Pendidikan Tidak Terkikis