Suka Mempertanyakan Banyak Hal? Jurusan ini Cocok Buat Kamu


 

Suka Mempertanyakan Banyak Hal? Jurusan ini Cocok Buat Kamu

Sobat Gappys pernah ga sih merasa hidup itu hampa? Atau sobat Gappys mungkin pernah bertanya di dalam diri, "kenapa sih manusia dapat mempelajari tentang apa yang mereka pikirkan?" Atau Gappys juga pernah mempertanyakan banyak hal dan suka mencari konsep dari segala sesuatu? Kalau begitu Gappys cocok banget masuk jurusan ini! Perkenalkan jurusan ini adalah jurusan filsafat! Memangnya jurusan filsafat itu ngapain aja sih? Apa prospek kerja setelah lulus dari jurusan filsafat akan meyakinkan? Tenang, MinGap akan menjelaskan dengan lebih jelas pada kalian tentang jurusan filsafat ini. Jadi, yuk ikuti pembahasannya!


Jadi, kata Filsafat itu berasal dari kata Yunani, yaitu "philosophia", yang secara harfiah berarti "cinta terhadap kebijaksanaan". Dengan mengetahui arti kata filsafat, maka kita akan lebih mudah memahami jurusan filsafat itu. Istilah filsafat pertama kali diungkapkan oleh seorang Ilmuan bernama Pythagoras pada tahun 570 – 495 SM. Dengan demikian, filsafat sering juga dijuluki sebagai ”Ibu dari segala ilmu” karena seluruh fondasi ilmu pengetahuan yang kita pelajari saat ini awalnya berasal dari ilmu filsafat. 


Gimana nih Gappys? Sudah mulai tertarik gak sama jurusan filsafat?  Jurusan Filsafat adalah ilmu yang mempelajari tentang pertanyaan-pertanyaan mendasar tentang eksistensi, pengetahuan, etika, logika, dan nilai-nilai sehingga timbullah sikap kebijaksanaan dari dalam diri. Ilmu filsafat mencoba untuk mencari pemahaman mendalam tentang aspek-aspek dasar dari kehidupan dan alam semesta melalui refleksi kritis, analisis yang mendalam, dan argumen logis. Sehingga tidak heran, banyak nih lulusan filsafat memiliki kemampuan bernalar dan berlogika yang lebih unggul dari mahasiswa jurusan lainnya. 


Oh iya. Gappys tau ga, ada beberapa mata kuliah yang akan dipelajari di jurusan filsafat, yaitu : 

  1. Sejarah Filsafat Yunani

  2. Sejarah Filsafat Abad Pertengahan

  3. Sejarah Filsafat Modern

  4. Metafisika (hakikat realitas)

  5. Epistemologi (sumber pengetahuan)

  6. Etika (moralitas dan tindakan manusia)

  7. Logika (pemikiran rasional), 

  8. Estetika (seni dan keindahan)

  9. Filsafat Manusia

  10. Filsafat Budaya

  11. Filsafat Bahasa

  12. Filsafat Sosial

  13. Filsafat Teknologi

  14. Filsafat Politik

  15. Filsafat Agama, dan masih banyak lagi.

Setelah mempelajari seluruh mata kuliah yang dilalui, lulusan jurusan Filsafat tentunya memiliki bekal keterampilan analitis, berpikir kritis, dan pemahaman mendalam tentang konsep-konsep abstrak. Dengan keterampilan berpikir yang baik, maka prospek kerja sarjana lulusan filsafat adalah 

  1. Guru/Dosen

Karena lulusan telah memahami ilmu filsafat, maka lulusan tersebut dapat mengajarkan ilmu yang mereka peroleh dengan menjadi guru dan melanjutkan S2 di bidang filsafat untuk menjadi seorang dosen filsafat.

  1. Profesor

Profesor merupakan pengajar professional di tingkat SMA maupun universitas yang melakukan penelitian, eksperimen dan publikasi karya serta artikel yang pastinya berkaitan dengan bidang filsafat.

  1. Penulisan dan Jurnalisme

Keterampilan berpikir kritis dan komunikasi yang dimiliki lulusan filsafat dapat mempermudah mereka berhasil dalam bidang penulisan dan jurnalisme. Mereka dapat menjadi penulis buku, editor, atau kontributor untuk media dan publikasi yang berfokus pada isu-isu filosofis dan intelektual.

  1. Data Analyst

Pekerjaan di bidang ini sedang digemari oleh freshgraduate karena menawarkan gaji yang sangat fantastis. Data analyst bertanggung jawab mengumpulkan informasi dan statistik, menyusun, dan menyajikan informasi tersebut agar mudah dipahami. Nantinya, data yang sudah dianalisis akan digunakan untuk membuat keputusan atau strategi yang menguntungkan perusahaan. Dengan kemampuan analisis yang sangat baik lulusan filsafat dapat merambat ke arah data analyst dengan mudah. 

  1. Hukum dan Keadilan

 Lulusan filsafat dapat melanjutkan pendidikan mereka dalam hukum dan bekerja sebagai pengacara atau pekerjaan-pekerjaan di bidang hukum yang terkait dengan etika, hak asasi manusia, atau filsafat hukum.

  1. Pemerintahan dan Birokrasi

Pengetahuan tentang teori politik dan etika politik dapat mempersiapkan lulusan filsafat untuk bekerja di sektor publik dalam analisis kebijakan publik, administrasi publik, atau sebagai penasihat politik.

  1. Pengamat Politik

Seperti halnya yang dilakukan oleh Rocky Gerung, selain bekerja sebagai Dosen Filsafat, beliau juga bekerja sebagai pengamat politik. Dengan kemampuan mematahkan argumen dan logika yang kuat, lulusan filsafat dapat mengamati rangkaian peristiwa politik dengan seksama dan memberi saran kepada publik mengenai dunia politik.

  1. Etika Bisnis

Lulusan filsafat dengan penekanan pada etika bisnis dapat bekerja di departemen etika perusahaan, melakukan konsultasi etika, atau membantu dalam pengembangan kebijakan etis di perusahaan.


Ternyata prospek kerja mahasiswa lulusan filsafat ini sangat luas ya Gappys. Banyak keuntungan yang akan didapatkan jika masuk ke dalam dunia filsafat. Jadi, jangan pernah menganggap remeh jurusan ini ya. Semoga segala kebimbangan kamu mengenai jurusan filsafat dapat teratasi dengan penjelasan MinGap diatas ya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya dengan pembahasan yang lebih menarik Gappys!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kegiatan Webinar : "Believe in Yourself, Be Wise With Your Future: Pemilihan Jurusan yang Tepat"

Peta Jalan Kuliah : Exploring Jalur Masuk Perguruan Tinggi Terkini

Semakin Terbantu Dengan Teknologi AI:Inilah Upaya Agar Pendidikan Tidak Terkikis