Seorang Pelajar bisa Menjadi Alpha Girl? Cek Karakteristiknya Disini Yuk!

 Seorang Pelajar bisa Menjadi Alpha Girl? Cek Karakteristiknya Disini Yuk!

Halo Sobat Gappys! Kamu pasti udah gak asing lagi nih sama istilah “Apha Girl" karena istilah ini banyak dibicarakan akhir-akhir ini terutama di sosial media. Biasanya istilah ini  identik dengan seorang perempuan yang kuat dan mandiri. Padahal seorang alpha girl gak cuma memiliki sifat itu loh Gappys! 

Eitss, sebelum kita cari tahu lebih dalam mengenai karakteristik seorang alpha girl, kita  harus tahu dulu nih apa sih yang dimaksud dengan alpha girl dan darimana istilah ini berasal. Simak artikel ini sampai selesai ya  Gappys!

Jadi, awalnya istilah alpha ini digunakan pada hewan mamalia jantan loh Gappys. Nah, dalam sekelompok hewan mamalia akan ada satu hewan yang paling mendominasi dibandingkan hewan lain di kelompoknya, akhirnya keluarlah istilah  "Alpha Male". Dan ternyata hewan yang mendominasi itu gak cuman di kelompok jantan, tetapi di kelompok betina pun ada hewan yang mendominasi. Bahkan selain mendominasi, ia juga sangat dihormati oleh lawan jenisnya loh Gappys! Maka disematkan juga lah istilah "Alpha Female" untuk hewan betina ini. Hingga akhirnya istilah alpha male dan alpha female ini digunakan juga pada manusia. 

Menurut Henry Manampiring dalam bukunya yang berjudul The Alpha Girls Guide menyatakan bahwa seorang Alpha Female adalah seseorang yang memiliki power dan pengaruh atas orang lain dan mampu menjadi leader of the pack (pemimpin atas kawanan). Jadi, seorang alpha female ini biasanya akan mendapatkan posisi penting di kantor  atau bahkan menjadi seorang di ketua di sebuah organisasi. By the way, status alpha  female itu bukan diklaim oleh diri kita sendiri, tetapi status ini merupakan pengakuan dari kelompok.

Mungkin ketika kita membayangkan seorang alpha female yang terbayang dalam pikiran kita adalah seorang perempuan dewasa yang sudah mandiri secara finansial dan memiliki banyak prestasi. Lantas apakah bisa seorang pelajar menjadi seorang alpha female? Tentu bisa dong! Seorang remaja yang masih pelajar tetapi memiliki kualitas diri seperti alpha female maka disebut sebagai seorang "alpha girl". Lalu apa aja sih karakter yang dimiliki sebagai seorang alpha girl? Simak hingga akhir yuk Gappys!

  1. Memprioritaskan Pendidikan

Meskipun alpha girls cenderung dikenal sebagai seorang yang dapat  memimpin, tetapi tetap loh prioritas utama mereka adalah belajar bukan berorganisasi. Seorang alpha girls akan terus berusaha untuk dapat menuntaskan sekolahnya dengan nilai yang baik, karena mereka sadar bahwa menuntaskan sekolah dengan baik adalah tanggungjawab mereka. Lalu mengapa alpha girls sangat memprioritaskan pendidikan? Karena dengan pendidikan akan memudahkan diri kita untuk mencapai cita-cita dan dengan ini seorang alpha girls akan dapat hidup mandiri tidak bergantung kepada siapapun. 

Ketika mereka merasa dapat menghandle tugas akademiknya dengan baik barulah seorang alpha girls akan mengikuti kegiatan diluar akademik seperti berorganisasi maupun mengikuti ekstrakulikuler. Karena dengan mengikuti kegiatan non akademis akan membantu seorang alpha girl mempelajari dan mengembangkan soft skill mereka seperti bekerja sama, skill komunikasi, dan masih banyak lagi.

  1. Gak Pernah Gossip

Seorang alpha girls akan lebih fokus kepada dirinya sendiri bukan kepada kehidupan orang lain, apalagi sampai membicarakan orang lain. Dalam pertemanan seorang alpha girls akan memilih lingkungan yang positif yang bisa memberi pengaruh positif juga untuk dirinya. Seorang alpha girls akan lebih banyak membicarakan sesuatu yang berhubungan dengan wawasan dan pengetahuan dibandingkan dengan membicarakan kehidupan orang lain. Seorang alpha girls juga akan peduli kepada teman temannya yang mengalami perlakuan tidak menyenangkan dari orang lain. 

  1. Mencintai Diri Sendiri

Mencintai diri sendiri disini berarti seorang alpha girls akan menjaga dan merawat dirinya dari mulai menjaga penampilan hingga menjaga kesehatan. Seorang alpha girls akan selalu berpenampilan rapi dan merawat dirinya seperti memakai skincare, haircare, make up. Karena setiap perempuan itu memiliki hak untuk tampil menarik, tetapi mereka selalu meniatkan "Aku cantik untuk diriku sendiri bukan untuk orang lain". Oiya dalam menggunakan make up atau pakaian pun mereka akan tetap memprioritaskan kenyamanan mereka sendiri. Selain itu, seorang alpha girls juga akan menjaga kesehatan mereka yaitu kuncinya tidur yang cukup, makan makanan yang sehat, dan pastinya rajin berolahraga. Dilansir dari website halodoc seorang remaja usia sekitar 14 hingga 17 tahun memerlukan tidur yang cukup dalam sehari sekitar 8 sampai 10 jam perhari dan untuk dewasa sekitar usia 18 hingga 64 tahun memerlukan tidur yang cukup sekitar 7 sampai 8 jam perhari. Tidur menjadi penting bagi kesehatan tubuh, fungsi metabolik, kekebalan tubuh, dan otak. Sehingga jika kamu kurang tidur maka akan menggangu performamu baik dalam belajar di sekolah maupun diluar sekolah. 


Gimana nih Gappys apakah sekarang kamu tertarik untuk menjadi seorang alpha girls? Kasih tau MinGap ya! Terakhir nih, ada sedikit quotes dari MinGap

“Bukti paling kuat dalam mencintai diri kita sendiri adalah dengan terus berusaha untuk menjadi lebih lagi”

Semoga dengan membaca artikel ini akan memotivasi kamu untuk terus berusaha menjadi versi terbaik dari dirimu ya! See you on the next content Gappys!





FOR MORE INFORMATION, FIND US AT

Instagram : @mindthegap

Linkedin : Mind The Gaps Future

Twitter : MindTheGap_

Spotify : MindTheGaps Podcast

Telegram : https://t.me/mindthegapfuture

Email : mindthegapfuture@gmail.com 

Website : mindthegapyourfutureinformation.wordpress.com





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kegiatan Webinar : "Believe in Yourself, Be Wise With Your Future: Pemilihan Jurusan yang Tepat"

Peta Jalan Kuliah : Exploring Jalur Masuk Perguruan Tinggi Terkini

Semakin Terbantu Dengan Teknologi AI:Inilah Upaya Agar Pendidikan Tidak Terkikis