Lembaga atau Organisasi di Kampus ? Ada Apa Aja Ya?


Halo Sobat Gappys! 

Balik lagi sama MinGap yang ga ngebosenin dan smart ini di sesi “BUMI = Blog Seputar Mahasiswa Indonesia”.

Kali ini MinGap kembali lagi dengan pembahasan yang ga kalah seru dibanding pembahasan lainnya lho! Penasaran ngga? Harus penasaranlah! 


Topik pada pembahasan kali ini adalah membahas seputar lembaga atau organisasi yang bisa mahasiswa ikuti, Gappys sendiri sudah tahu belum macam-macam lembaga atau organisasi yang ada di perkuliahan?


(Gambar Mahasiswa Di Perkuliahan)


Okay, sebagai calon mahasiswa baru atau maba kalian pastinya sudah tidak asing dengan yang namanya organisasi. Seperti halnya di SMA / SMK terdapat berbagai organisasi mulai OSIS, Pramuka, serta Ekstrakulikuler yang bermacam-macam. Nah, hampir sama dengan hal tersebut di dunia perkuliahan juga ada loh organisasi yang bisa kalian ikuti untuk menambah pengalaman. Penasaran apa aja? Yuk kita ke pembahasan


  1. BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa)

Organisasi pertama akan dibuka dengan BEM atau Badan Eksekutif Mahasiswa. BEM adalah lembaga tertinggi di dunia perkuliahan. BEM sendiri memiliki kesamaan dengan Osis di persekolahan. Karena, tugas BEM adalah bertugas sebagai perwakilan mahasiswa dan mengakomodasi segala kepentingan mahasiswa, baik yang berkaitan di fakultas, maupun di tingkat universitas.


Oh iya Gappys, di beberapa perkuliahan BEM dibedakan menjadi dua, Yaitu BEM Fakultas dan BEM Universitas. Dimana BEM Fakultas adalah lembaga yang berisikan mahasiswa dari berbagai jurusan di fakultas tersebut. Sedangkan, BEM Universitas biasanya terdiri dari mahasiswa yang berasal dari masing-masing fakultas. Jadi, Gappys jangan salah ya dalam membedakan keduanya.


  1. HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan)

Organisasi kedua adalah HMJ atau Himpunan Mahasiswa Jurusan. HMJ merupakan sebuah lembaga atau organisasi yang berada pada tingkat jurusan / program studi yang dapat diikuti oleh mahasiswa di jurusan tersebut. HMJ sendiri bertugas sebagai lembaga advokasi bagi mahasiswa yang mengalami masalah akademis atau kemahasiswaan.


Di dalam HMJ juga akan lebih banyak melakukan program kerja baik di dalam maupun luar kampus dengan tujuan mengembangkan potensi, skill, dan pola pikir sebagai mahasiswa. 


  1. UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa)

Organisasi ketiga adalah UKM atau Unit Kegiatan Mahasiswa. UKM merupakan organisasi kampus yang mewadahi kamu untuk mengembangkan setiap minat, hobi, kegiatan, dan kreativitas yang kamu punya. UKM hampir sama dengan ekstrakurikuler saat kamu sekolah. 


UKM sendiri memiliki berbagai macam, ada UKM yang berfokus pada Olahraga, Seni, Tari, Menyanyi, dan masih banyak lagi. UKM Bisa kalian ikuti lebih dari satu loh Gappys, jadi kalian tidak usah takut untuk mengikuti UKM lebih dari satu kalau kalian minat dengan tujuan UKM nya


Gimana setelah baca macam-macam organisasi atau lembaga mahasiswa apakah Gappys sudah tau mau mengikuti organisasi atau lembaga yang mana? Tentunya setiap organisasi memiliki kelebihan serta kekurangan. MinGap harap setelah Gappys memilih organisasi diatas Gappys melakukan dengan sungguh – sungguh. Sehingga, Gappys akan mendapatkan keseruan, pengalaman, serta relasi yang bagus.


Okay akhirnya sampe juga di final session. Kira kira sesi selanjutnya MinGap bahas apa ya? Jangan lupa like dan comment dan follow juga terus akun Mind the Gap biar MinGap semangat terus kasih info untuk Sobat Gappys semua. 

Semangat terus untuk para mahasiswa baru! Dan Selamat menempuh masa perkuliahan. MinGap Cuma berpesan untuk selalu semangat dan jangan menyerah saat berkuliah, Semangat!


See You The Next Content, Bye Bye!


FOR MORE INFORMATION, FIND US AT

Instagram : @mindthegap

Linkedin : Mind The Gaps Future

Twitter : MindTheGap_

Spotify : MindTheGaps Podcast

Telegram : https://t.me/mindthegapfuture

Email : mindthegapfuture@gmail.com 

Website : mindthegapyourfutureinformation.wordpress.com 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kegiatan Webinar : "Believe in Yourself, Be Wise With Your Future: Pemilihan Jurusan yang Tepat"

Peta Jalan Kuliah : Exploring Jalur Masuk Perguruan Tinggi Terkini

Semakin Terbantu Dengan Teknologi AI:Inilah Upaya Agar Pendidikan Tidak Terkikis