Bintang Prestasi : Rifo Abdan Avicena

 BINTANG PRESTASI  Oleh Rifo Abdan Avicena. Mahasiswa Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Halo Sobat Gappys! Kali ini MinGap mau sharing cerita motivasi dari Kak Rifo Abdan nih. Yuk kita simak!!!

Kehidupan Roller Coaster

Halo! Perkenalkan nama aku Rifo Abdan Avicena, biasa dipanggil Rifo. Saat ini saya berkuliah di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta atau lebih sering dikenal dengan UIN Jakarta atau UIN Ciputat, tapi UIN Jakarta ini bukan di wilayah DKI Jakarta, melainkan di Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten. Sama sih kasusnya kayak UI yang ngakunya wilayah Jakarta padahal masuk ke wilayah Kota Depok. Oh ya aku mahasiswa prodi Akuntansi, semester 3 atau angkatan 2021.

Walau aku masuk UIN tahun 2021, aku sebenernya lulusan 2020, atau dibilang angkatan Covid atau Corona. Saya lulus dari SMAN 71 Jakarta, sempat ikut SNMPTN, SBMPTN, Kedinasan, beberapa seleksi mandiri dan beasiswa, tidak ada yang lulus. Sampai percobaan ke 17, saya lulus seleksi mandiri di Universitas Negeri Padang, tetapi keluarga besar tidak setuju karena lebih baik kuliah di Jakarta daripada jauh dari orang tua.

Akhirnya saya masuk kampus swasta di daerah Jakarta Pusat, dan jurusannya sama kayak sekarang, Akuntansi. Ya bisa dibilang masuk UIN belajarnya ngulang wkwkwk. Aku disini tidak hanya berkuliah, melainkan bekerja. Saya sempat bekerja sebagai pelayan/pelayan di coffeeshop di daerah Bekasi. Tetapi tidak hanya sebagai pelayan, selang waktu saya belajar menjadi barista, bisa dibilang sekarang bisa ngulik-ngulik kopi gitu. Sejak itu, saya bisa dan belajar untuk mengobrol dan bertemu dengan orang-orang baru yang sebelumnya ketemu orang baru aja minder insecure setengah mati.

Sampai di awal tahun 2021, saya berhenti bekerja, dan fokus ke SBMPTN 2021. Walaupun keterbatasan akses belajar karena tidak bimbel, saya joinan sama temenku yang ikut bimbel. Saya bisa joinan karena statusnya masih prokes ketat. Saking kepengen lulus ke PTN, ada satu hari kuliah aku cuma absen zoom terus ditinggal buat ngikut belajar si bimbel itu. 

Hari ujian tiba, saya mengerjakan dengan baik. Inget banget ujiannya hari ketiga bulan Ramadhan, terus jadinya keinget kalau doa orang cepet cepet terkabulnya wkwkwk. Nah selesai ujian aku tetap masuk kuliah dan nggak bilang ke teman-teman kampus kalau aku ikut ujian lagi, ya biar surprise gitu.

Masuk ke pengumuman SBMPTN, saya buka pengumuman juga bareng keluarga, tapi sama temen saya yang ikut bimbel. Awalnya dia duluan yang buka, tapi tidak lulus. Sampai nomor pendaftaran aku masuk, hasilnya lulus. Syukur alhamdulillah saya lulus ke PTN, tapi agak ketahan karena teman saya yang tidak lulus ini. Saya bilang dia pasti tahun ini masuk PTN, dan alhamdulillah dia juga lulus di Sastra Inggris Universitas Airlangga. Jadinya kami belajar bareng lulus bareng.

Nah sudah berstatus mahasiswa UIN, saya terlibat dan mengikuti kegiatan-kegiatan kampus. Disini saya lebih aktif, karena sudah beberapa kegiatan offline.




Aku menjadi ketua kelas, dan terlibat di angkatan. Aku terpilih menjadi ketua pelaksana acara angkatan. Pasti udah tau yang namanya makrab atau malam keakraban. Selain ketua pelaksana, dalam waktu yang sama saya mengikuti kegiatan volunteer dan sempat menjadi presenter di Sejuta Prestasi.




Aku mengenalkan kampusku ke teman-teman SMA kalau UIN tidak merancang banyak orang.



Jadi di waktu yang sempit antara UAS, makrab, dan volunteer buat saya belajar banyak untuk mengatur waktu dengan baik. Sukses semester 1 ku dengan IP semester 3,5 , sukses sukarelawan, dan makrab sukses besar dengan peserta lebih dari setengah angkatan

Semester 2 ku kosong karena lebih fokus mencari kerja parttime dan sempat juga interview di Starbucks, lulus semester 2 dengan IP yang sama kayak semester 1. Aku saat ini melanjutkan perkuliahan di semester 3 dengan kuliah offline atau tatap muka. Saya senang bertemu banyak orang, dan saat ini juga terlibat menjadi panitia di acara hima atau himpunan mahasiswa sebagai humas.



Selain itu, dari Agustus sampai Oktober juga menjadi mengikuti volunteer dan sempat menjadi moderator di Mind The Gap, kalau kalian scroll instagram volunteer batch 3 dan poster webinar oktober kemarin, pasti ada aku kok hehe.




Dan baru banget sejak awal bulan November ini, saya bekerja sebagai Admin Keuangan di dua tempat, Naru Coffee Roastery dan Anara Coffee Roastery di area Jakarta Timur dan Jakarta Selatan. Kalau lagi senggang atau cari tempat nongkrong, yuk mampir kali aja ketemu aku hehe. Sekian esai dari aku, makasihh.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kegiatan Webinar : "Believe in Yourself, Be Wise With Your Future: Pemilihan Jurusan yang Tepat"

Peta Jalan Kuliah : Exploring Jalur Masuk Perguruan Tinggi Terkini

Semakin Terbantu Dengan Teknologi AI:Inilah Upaya Agar Pendidikan Tidak Terkikis